Jenis-Jenis Komputer

Berdasar data masukannya, jenis komputer terbagi menjadi dua yaitu, komputer analog dan komputer digital. Berikut perbandingan keduanya.

Komputer Digital

Komputer digital adalah sebuah perangkat elektronik di mana masukan datanya berupa data diskrit bukan kontinu, yang terdiri dari kombinasi angka, huruf, dan karakter lain yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang sesuai dan terwakili secara internal dalam notasi biner (0 dan 1).

Komputer digital dapat diprogram untuk memanipulasi data simbol. Komputer digital dapat melakukan urutan instruksi yang kompleks serta berulang dengan cepat, tepat dan andal. Komputer digital juga dapat dengan cepat menyimpan dan mengambil sejumlah besar data.

Komponen fisik dari komputer digital (sirkuit elektronik dan perangkat masukan / keluaran) disebut sebagai perangkat keras atau hardware. Sedangkan komponen program/instruksi disebut sebagai perangkat lunak atau software. Sebagian besar komputer memiliki empat jenis komponen perangkat keras yaitu, CPU, input, output dan memori. CPU (central processing unit) bertugas menjalankan program (software) yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Input dan output (I / O) perangkat memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan pengguna atau dengan kata lain komputer menerima masukan data dan menghasilkan data. Sedangkan memori memungkinkan komputer untuk menyimpan data. Ada dua jenis memori yang digunakan dalam sebuah komputer digital. Pertama, memori yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan data sementara (misalnya RAM) dan kedua, memori yang digunakan untuk menyimpan data dan program (misalnya harddisk). Memori jenis pertama memiliki karakteristik lebih cepat, berharga lebih mahal, dan hanya mampu meyimpan data dalam waktu singkat. Sedang memori jenis kedua memiliki kecepatan lebih lambat, lebih murah, dan mampu menyimpan data dalam jangka panjang.

Komputer digital pertama atau yang kebanyakan orang anggap sebagai sebuah komputer adalah ENIAC, yang dibangun selama Perang Dunia II (1943-1946). Komputer generasi awal seperti ENIAC menggunakan tabung vakum berukuran besar (kadang-kadang seukuran kamar) dan hanya ditemukan di kantor-kantor bisnis, universitas, atau pemerintahan. Kemudian, komputer mulai memanfaatkan transistor serta bagian yang lebih kecil dan lebih murah yang memungkinkan orang biasa untuk memiliki komputer.

Komputer Analog

Komputer analog adalah sebuah perangkat mekanik, listrik, atau elektronik yang melakukan operasi aritmatika dengan menggunakan beberapa kuantitas fisik variabel, seperti gerakan mekanis atau tegangan, untuk mewakili angka .

Komputer analog dirancang untuk bekerja pada data numerik yang diwakili oleh beberapa kuantitas fisik (misalnya rotasi atau perpindahan) atau kuantitas listrik (misalnya tegangan atau biaya) yang bervariasi terus menerus, berbeda dengan sinyal digital yang hanya berupa data angka 0 atau 1.

Sebagai contoh, putaran sebuah roda atau perubahan tegangan dapat digunakan sebagai masukan. Komputer analog dikatakan beroperasi secara seketika atau 'real time' dan digunakan untuk penelitian dalam desain di mana berbagai bentuk dan kecepatan yang berbeda dapat dicoba secara cepat. Sebuah model komputer dari suspensi mobil memungkinkan desainer untuk melihat efek dari perubahan ukuran, kekakuan dan redaman.

Baca juga:
  1. Pengertian komputer

  2. Jenis-jenis komputer

  3. Penemu komputer

  4. Komponen komputer

  5. Sejarah perkembangan komputer

  6. Hardware komputer

  7. Perangkat lunak komputer

  8. Sistem operasi komputer
Bacaan Lanjut:
  1. Difference Between Analog and Digital Computing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar