Penemu Komputer

Ada ratusan orang yang memiliki kontribusi besar di bidang komputasi. Berikut ini beberapa tokoh utama yang dianggap sebagai bapak dunia komputasi, bapak komputer dan bapak komputer personal.

Bapak Dunia Komputasi

Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputasi setelah konsep dan penemuan Analytical Engine pada tahun 1837. Analytical Engine memiliki Unit Logika Aritmatika (ALU/Arithmetic Logic Unit), pengendali aliran dasar, dan memori terintegrasi; dipuji sebagai konsep komputer umum pertama. Sayangnya, karena masalah pendanaan komputer ini tidak pernah dibuat saat Charles Babbage masih hidup.

Namun, pada tahun 1910 Henry Babbage, putra bungsu Charles Babbage mampu menyelesaikan sebagian dari mesin yang bisa melakukan perhitungan dasar. Pada tahun 1991, London Science Museum menyelesaikan versi kerja Analytical Engine No 2. Versi ini memasukkan perbaikan-perbaikan yang dikembangkan selama pembuatan Analytical Engine.

Meskipun Charles Babbage tidak pernah menyelesaikan penemuannya di saat ia masih hidup, ide-ide radikalnya mengenai konsep komputer menjadikannya sebagai Bapak Dunia Komputasi.

Bapak Komputer

Ada beberapa orang yang dapat dianggap sebagai bapak komputer diantaranya Alan Turing, John Atanasoff, dan John von Neumann. Namun, untuk tujuan dokumen ini kita akan mempertimbangkan Konrad Zuse sebagai bapak komputer mengingat ia berhasil mengembangkan komputer komersil yang pertama yaitu komputer Z4.

Pada tahun 1936-1938 Konrad Zuse menciptakan komputer Z1 di ruang tamu orangtuanya. Z1 terdiri dari lebih dari 30.000 bagian logam dan dianggap sebagai komputer elektro-mekanik pertama yang bisa diprogram secara biner. Pada tahun 1939, militer Jerman menugaskan Zuse untuk membangun Z2, yang sebagian besar didasarkan pada Z1. Konrad Zuse berhasil menyelesaikan Z3 di bulan Mei 1941. Saat itu Z3 merupakan sebuah komputer revolusioner dan dianggap sebagai komputer elektromekanis pertama yang dapat dikendalikan program. Akhirnya, pada 12 Juli 1950 Zuse berhasil menyelesaikan dan mengirim komputer Z4, yang dianggap sebagai komputer komersial pertama.

Bapak Komputer Personal

Henry Edward Roberts menciptakan istilah komputer personal dan dianggap sebagai bapak komputer personal setelah ia merilis Altair 8800 pada tanggal 19 Desember 1974. Berita ini kemudian diterbitkan di sampul depan majalah Popular Electronics pada tahun 1975 yang membuatnya sukses dalam semalam. Komputer Altair 8800 tersedia dalam versi kit dengan harga $439 atau versi yang telah dirakit seharga $621 dan memiliki beberapa tambahan seperti papan memori dan papan antarmuka. Pada bulan Agustus 1975, lebih dari 5.000 komputer personal Altair 8800 terjual. Altair 800 telah memulai revolusi komputer pribadi.

    Baca juga:

    1. Pengertian komputer

    2. Jenis-jenis komputer

    3. Penemu komputer

    4. Komponen komputer

    5. Sejarah perkembangan komputer

    6. Hardware komputer

    7. Perangkat lunak komputer

    8. Sistem operasi komputer
Bacaan lanjut:
  1. Who Invented The Computer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar