Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah program yang paling penting yang berjalan pada komputer. Setiap komputer umum harus memiliki sistem operasi untuk menjalankan aplikasi dan program lain. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.

Untuk sistem yang besar, sistem operasi memiliki kekuatan dan tanggung jawab yang lebih besar. Seperti seorang polisi lalu lintas yang bertugas memastikan bahwa program dan pengguna yang berbeda dapat berjalan pada saat yang sama dengan tidak saling mengganggu. Sistem operasi ini juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna yang tidak sah tidak mengakses sistem.

Klasifikasi Sistem Operasi

1. Multi-user: Memungkinkan dua atau lebih pengguna untuk menjalankan program pada saat bersamaan. Beberapa sistem operasi mengizinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna secara bersamaan.

2. Multiprocessing: Mendukung untuk menjalankan program pada lebih dari satu CPU.

3. Multitasking: Memungkinkan lebih dari satu program dijalankan secara bersamaan.

4. Multithreading: Memungkinkan bagian yang berbeda dari satu program dijalankan bersamaan.

5. Real time: Merespon masukan secara langsung. Sistem operasi umum, seperti DOS dan UNIX, tidak mampu bekerja secara real-time.

Sistem operasi menyediakan sebuah platform software agar program lain (program aplikasi) dapat berjalan. Program aplikasi harus ditulis untuk berjalan di atas sistem operasi tertentu. Pilihan kita terhadap sistem operasi akan menentukan aplikasi apa saja yang dapat dijalankan. Untuk PC, sistem operasi yang paling populer adalah Windows dan Linux.

Cara Interaksi Dengan Sistem Operasi

Sebagai pengguna, Anda biasanya berinteraksi dengan sistem operasi melalui serangkaian perintah. Sebagai contoh, sistem operasi DOS berisi perintah seperti COPY dan RENAME untuk menyalin file dan mengubah nama file. Perintah-perintah yang diterima akan dieksekusi oleh bagian dari sistem operasi yang disebut prosesor perintah atau baris perintah interpreter. Antarmuka pengguna grafis memungkinkan Anda untuk memasukkan perintah dengan menunjuk dan mengklik pada objek yang muncul di layar.

Baca juga:

  1. Pengertian komputer

  2. Jenis-jenis komputer

  3. Penemu komputer

  4. Komponen komputer

  5. Sejarah perkembangan komputer

  6. Hardware komputer

  7. Perangkat lunak komputer

  8. Sistem operasi komputer

Referensi:

  1. What is operating system?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar