Hardware Komputer

Hardware komputer adalah bagian fisik dari sebuah komputer, yang dibedakan dari perangkat lunak komputer yang dijalankan atau berjalan pada perangkat keras. Hardware komputer biasanya jarang berubah, sedangkan perangkat lunak dan data sering dimodifikasi. Istilah 'soft' berarti mudah dibuat, dimodifikasi, atau dihapus. Berbeda dengan komponen fisik komputer yang 'hard'.

Hardware komputer tidak secara khusus merujuk pada komputer pribadi, tetapi merujuk kepada semua jenis sistem komputer seperti, oven microwave, pemutar CD, pemutar DVD, dan perangkat keras lainnya. Berikut ini komponen-komponen yang membentuk sebuah komputer personal atau PC:




Video: Gambar hardware yang menyusun sebuah komputer personal (PC)

1. Motherboard


Motherboard adalah tubuh atau mainframe dari sebuah komputer, atau dengan kata lain tempat semua komponen komputer terhubung menjadi satu. Motherboard adalah papan sirkuit pusat dengan sebuah sistem elektronik yang kompleks. Sebuah motherboard menyediakan sambungan listrik bagi komponen dimana komponen lain dari sistem berkomunikasi. Motherboard mencakup banyak komponen seperti: central processing unit (CPU), random access memory (RAM), firmware, bus internal, dan bus eksternal.

2. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) atau kadang hanya disebut prosesor, adalah mesin yang dapat mengeksekusi program-program komputer. CPU kadang disebut sebagai otak dari komputer.

Ada empat langkah yang hampir digunakan oleh semua CPU dalam operasi mereka yaitu:

1. Fetch, sebuah proses pengambilan instruksi dari memori program.

2. Decode, proses memecah instruksi menjadi bagian-bagian yang dapat dipahami oleh bagian lain dari CPU.

3. Execute, proses mengeksekusi instruksi. Selama langkah execute berbagai bagian dari CPU, seperti unit aritmatika logika (ALU) dan unit floating point (FPU) akan terhubung sehingga mereka dapat melakukan operasi yang diinginkan.

4. Writeback. Langkah terakhir, writeback, adalah proses menulis kembali hasil langkah eksekusi dalam berbagai bentuk memori.

3. Random Access Memory (RAM)

Random access memory (RAM) adalah memori yang dapat diakses dengan cepat. Ketika tenaga komputer dimatikan, isi RAM akan dihapus. RAM menempel langsung ke motherboard, dan digunakan untuk menyimpan program yang sedang berjalan. RAM adalah seperangkat sirkuit terpadu yang memungkinkan data yang disimpan untuk diakses dalam urutan apapun (itulah mengapa disebut random). Ada berbagai jenis RAM yaitu writable, read only, static, dynamic, volatile, dan non volatile.


4. Firmware


Firmware diambil dari Read Only Memory (ROM) dan dijalankan dari sistem dasar Input-Output (BIOS). Firmware adalah program komputer yang tertanam dalam perangkat keras, misalnya mikrokontroler. Firmware terletak di suatu tempat antara hardware dan software. Seperti perangkat lunak, ini adalah program komputer yang dieksekusi oleh mikroprosesor atau mikrokontroler. Tetapi juga terkait erat dengan perangkat keras. Kebanyakan perangkat yang terpasang ke sistem modern adalah komputer dengan tujuan khusus dan menjalankan perangkat lunak mereka sendiri. Beberapa dari perangkat ini menyimpan perangkat lunak firmware di dalam ROM yang terletak di dalam perangkat itu sendiri.


5. Power Supply


Sesuai dengan namanya, power supply adalah perangkat yang memasok listrik ke semua komponen dalam komputer. Wadahnya merupakan tempat bagi transformer, pengendali tegangan, dan biasanya juga terdapat kipas pendingin. Catu daya mengkonversi sekitar 100-120 volt listrik AC ke tegangan daya rendah DC untuk komponen internalnya agar dapat digunakan. Power supply komputer yang paling umum dibangun agar sesuai dengan bentuk faktor ATX. Hal ini memungkinkan pasokan daya yang berbeda menjadi bisa dipertukarkan dengan berbagai komponen lain di dalam komputer. Power supply bentuk ATX juga dirancang untuk menghidupkan dan mematikan menggunakan sinyal dari motherboard, dan memberikan dukungan untuk fungsi-fungsi modern seperti modus standby.


6. Media Removable Devices


Ada banyak perangkat removable media yang berbeda. Yang paling populer mungkin drive CD dan DVD yang hampir setiap komputer hari ini memilikinya setidaknya salah satu. Ada beberapa disk drive baru seperti Blu-ray yang dapat menampung jumlah yang jauh lebih besar informasi dari CD atau DVD yang normal. Salah satu jenis media removable yang menjadi kurang populer adalah floppy disk.


6a. Compact Disc (CD)


CD adalah jenis yang paling umum dari removable media. Mereka murah tapi juga memiliki rentang hidup pendek. Ada jenis yang berbeda dari CD. CD-ROM yang merupakan singkatan dari Compact Disc read-only memory cukup populer digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak komputer meskipun jenis data lain dapat disimpan juga. CD-R adalah variasi lain yang hanya dapat ditulis sekali tapi dapat dibaca berkali-kali. CD-RW (rewritable) dapat ditulis lebih dari sekali serta dapat dibaca lebih dari sekali. Beberapa jenis lain dari CD yang tidak populer termasuk Super Audio CD (SACD), Video Compact Disc (VCD), Super Video Compact Disc (SVCD), PhotoCD, PictureCD, CD-i, dan Enhanced CD.


6b. CD-ROM Drive


Ada dua jenis perangkat dalam komputer yang menggunakan CD: CD-ROM drive dan CD writer. Drive CD-ROM digunakan untuk membaca CD. Drive CD writer dapat membaca dan menulis sebuah CD. CD writer jauh lebih populer daripada drive CD-ROM. Kedua jenis drive CD tersebut dinamakan disk drive optik karena menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik untuk membaca atau menulis data ke atau dari CD.


6c. DVD


DVD adalah format media penyimpanan cakram optik. Penggunaan utamanya adalah untuk video DVD dan penyimpanan data. Kebanyakan DVD memiliki dimensi yang sama seperti compact disc (CD). Seperti halnya CD ada banyak variasi yang berbeda. DVD-ROM memiliki data yang hanya bisa dibaca tapi tidak bisa ditulis. DVD-R dan DVD + R dapat ditulis sekali dan kemudian berfungsi sebagai DVD-ROM. DVD-RAM, DVD-RW, atau DVD + RW Data hold yang dapat dihapus dan ditulis ulang beberapa kali. DVD-Video dan DVD-Audio disc masing-masing mengacu pada video berformat terstruktur dan konten audio. Perangkat yang menggunakan DVD sangat mirip dengan perangkat yang menggunakan CD. Ada DVD-ROM serta DVD writer yang bekerja dengan cara yang sama seperti CD-ROM drive dan CD writer. Ada juga DVD-RAM drive yang membaca dan menulis untuk variasi DVD-RAM DVD.


6d. Blu-ray


Blu-ray adalah format media penyimpanan cakram optik terbaru. Kegunaan utamanya adalah untuk video high-definition dan penyimpanan data. Blu-ray memiliki dimensi yang sama seperti CD atau DVD. Istilah "Blu-ray" berasal dari laser biru yang digunakan untuk membaca dan menulis ke disk. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data lebih banyak dari CD atau DVD. Sebuah dual layer disc Blu-ray dapat menyimpan hingga 50GB, hampir enam kali kapasitas dual layer DVD. Cakram Blu-ray memiliki perangkat serupa yang digunakan untuk membaca dan menulis seperti halnya CD. Sebuah drive BD-ROM hanya bisa membaca disc Blu-ray dan sebua drive writer BD dapat membaca dan menulis ke disk Blu-ray.


6e. Floppy Disk


Sebuah floppy disk adalah jenis penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel ("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus dalam persegi atau shell plastik persegi panjang. Floppy disk dibaca dan ditulis oleh sebuah drive floppy disk. Floppy disk sudah jarang digunakan dan digantikan oleh drive optik dan flash. Banyak komputer baru tidak memiliki drive floppy lagi. Penggunaan flash disk yang murah dan mampu menampung lebih banyak data membuat floppy disk terlihat usang.


7. Penyimpanan internal


Penyimpanan internal adalah perangkat keras yang menyimpan data di dalam komputer untuk digunakan dan tetap tersimpan bahkan ketika komputer dimatikan. Ada jenis yang berbeda dari penyimpanan internal. Hard disk adalah jenis yang paling populer dari penyimpanan internal. Solid-state drive mulai populer secara perlahan. Sebuah controller disk array adalah populer bagi orang yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan lebih banyak dari kapasitas sebuah hardisk.


7a. Drive Hard Disk


Sebuah hard disk drive (HDD) adalah perangkat penyimpanan non-volatile yang menyimpan data digital pada cakram-cakram dengan permukaan magnetik dan berputar cepat. Hampir setiap komputer hari ini memiliki hard disk. Sebuah komputer desktop rata-rata memiliki drive hard disk dengan kapasitas antara 120 hingga 400GB, dengan kecepatan putaran 7200 rpm, dan memiliki tingkat transfer media 1 Gbit / detik atau lebih tinggi. Drive hard disk diakses melalui salah satu dari sejumlah jenis bus data seperti, paralel ATA (juga disebut IDE), Serial ATA (SATA), SCSI, Serial Attached SCSI, dan Fibre Channel.


7b. Solid-State Drive


Sebuah solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan memori solid-state untuk menyimpan data persisten. SSD mengemulasi drive hard disk, sehingga dapat dengan mudah menggantikan harddisk. SSD awalnya hadir dalam laptop karena ukuran mereka bisa lebih kecil dari HDD. SSD saat ini berharga lebih mahal dari HDD yang menjadi penyebab mengapa mereka belum bisa menggantikan HDD.


7c. Disk Array Controller


Sebuah controller disk array adalah perangkat yang mengelola disk drive fisik dan menyajikan mereka ke komputer sebagai unit logis. Disk Array Controller hampir selalu menerapkan hardware RAID. RAID (Redundant Array of Independent Drives) adalah teknologi penggunaan simultan dari dua atau lebih hard disk drive untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih besar, kehandalan, dan / atau ukuran volume data yang lebih besar. Sebuah controller disk array juga menyediakan disk cache tambahan.


Referensi:

  1. pcsupport: What is computer hardware?

  2. Coolnerds: What is computer hardware?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar