Pengertian Komputer

Sebuah komputer adalah sebuah perangkat yang menerima informasi (dalam bentuk data digital) dan memanipulasi data tersebut untuk mendapatkan hasil berdasarkan program atau urutan instruksi. Urutan instruksi tersebut menentukan bagaimana data tersebut harus diproses. Sistem komputer yang kompleks juga mencakup sarana untuk menyimpan data (termasuk program, yang juga merupakan sebuah bentuk data) untuk durasi tertentu.
Ada dua jenis instruksi/pemrograman. Yang pertama, suatu program yang dibangun ke dalam komputer (dan dinamakan sirkuit logika seperti halnya dalam mikroprosesor) dan yang kedua suatu program yang berbeda diberikan ke komputer (dimuat ke dalam penyimpanan dan kemudian dimulai dikerjakan oleh administrator atau pengguna). Komputer saat ini memiliki kedua jenis pemrograman tersebut.

Sejarah komputer modern dimulai dengan Analytical Engine yang diciptakan oleh Charles Babbage. Beliau menciptakan Analytical Engine dengan mengikuti ide-ide matematika dari George Boole. George Boole adalah seorang matematikawan yang pertama kali menyatakan prinsip-prinsip logika dalam komputer digital saat ini. Ada Lovelace, seorang asisten dan kolaborator Charles Babbage, telah memperkenalkan ide-ide dari pengulangan program dan subrutin. Ada Lovelace kadang dianggap sebagai seorang programmer pertama. Tidak termasuk perkembangan kalkulator mekanik, komputer pertama yang benar-benar bisa digunakan dimulai oleh tabung vakum, kemudian dipercepat dengan penemuan transistor, yang kemudian menjadi tertanam dalam jumlah besar di sebuah sirkuit terpadu, yang akhirnya membuat komputer pribadi menjadi relatif lebih murah.

Komputer modern pada dasarnya mengikuti ide dari program tersimpan. Teknik program tersimpan diciptakan oleh oleh John von Neumann pada tahun 1945. Pada dasarnya, program ini dibaca oleh komputer sebanyak satu instruksi pada satu waktu, kemudian intruksi tersebut dikerjakan, komputer kemudian membaca instruksi berikutnya, dan begitu seterusnya. Perkembangan terakhir, komputer dan program telah dirancang untuk memungkinkan beberapa program (dan juga komputer) untuk bekerja pada masalah yang sama dan pada waktu yang sama juga secara paralel. Dengan munculnya Internet dan transmisi data bandwidth yang lebih tinggi, program dan data yang merupakan bagian dari proyek secara keseluruhan yang sama dapat didistribusikan melalui jaringan komputer.

Baca juga:
  1. Pengertian komputer

  2. Jenis-jenis komputer

  3. Penemu komputer

  4. Komponen komputer

  5. Sejarah perkembangan komputer

  6. Hardware komputer

  7. Perangkat lunak komputer

  8. Sistem operasi komputer
Bacaan lanjut:
  1. What is a Computer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar