Perangkat Lunak Komputer

Software berarti instruksi komputer atau data. Apa pun yang dapat disimpan secara elektronik adalah perangkat lunak, berbeda dengan perangkat penyimpanan dan perangkat display yang disebut hardware. Perangkat lunak komputer (software) adalah program yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas tertentu, berkebalikan dengan komponen fisik dari sistem komputer (hardware).


Perbedaan antara software dan hardware kadang-kadang membingungkan karena keduanya sangat berkaitan. Ketika kita membeli sebuah program komputer, itu artinya kita membeli perangkat lunak (software). Tapi untuk membeli perangkat lunak, kita perlu juga membeli compact disk atau DVD (hardware) dimana software tersebut tersimpan.

Yang termasuk ke dalam perangkat lunak komputer adalah aplikasi perangkat lunak seperti pengolah kata, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan kantor, dan perangkat lunak sistem seperti sistem operasi komputer, yang memungkinkan perangkat lunak lain untuk berjalan dengan baik, dengan berinteraksi dengan hardware dan dengan perangkat lunak lain.

Secara umum perangkat lunak komputer terbagi menjadi tiga bagian, meskipun perbedaan ketiganya kadang tipis, yaitu:
  1. Perangkat lunak sistem (contoh Windows, Mac OS, Android, UNIX)

  2. Perangkat lunak pemrograman (contoh Pascal, C, Java, Delphi)

  3. Perangkat lunak aplikasi (contoh Photoshop, Media Player, WinAmp, Microsoft Office)

Cara Kerja Perangkat Lunak Komputer

Cara kerjanya adalah sebagai berikut: perangkat lunak komputer harus dimuat ke dalam penyimpanan komputer (seperti hard drive, memori, atau RAM). Setelah dimuat, barulah komputer mampu menjalankannya. Komputer beroperasi dengan melaksanakan program komputer yang dimuat. Proses ini melibatkan instruksi dari perangkat lunak aplikasi, melalui perangkat lunak sistem, untuk perangkat keras yang akhirnya menerima instruksi tersebut sebagai kode mesin. Setiap instruksi menyebabkan komputer untuk melakukan operasi seperti memindahkan data, melakukan perhitungan, atau mengubah aliran kontrol instruksi.


Referensi:

  1. What is computer software?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar