Pengertian Android (Sistem Operasi)

Berikut uraian singkat mengenai pengertian Android, disarikan dari wikipedia. Android adalah sebuah sistem operasi bagi perangkat bergerak berbasis kernel Linux. Google selaku pengembang Android, menggunakan kernel Linux sebagai basis tetapi membuat sendiri antarmukanya. Rilis Android terbaru biasanya mengikuti perkembangan kernel Linux terakhir. Awalnya Android dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc. milik Andy Rubin. Namun saat ini Android dikembangkan oleh Google, setelah Android Inc. dibeli oleh Google tahun 2005. Sistem operasi Android dirancang memiliki antarmuka pengguna berdasarkan manipulasi langsung. Android dirancang utamanya untuk :

1. Perangkat mobile yang memiliki teknologi layar sentuh seperti smartphone atau komputer tablet.
2. Perangkat TV dengan antarmuka pengguna khusus (TV Android).
3. Mobil (Android Auto).
4. Jam tangan (Android Wear).

Untuk memanipulasi objek di layar, sistem operasi ini bekerja berdasar masukan berupa sentuhan ringan, seperti mengusap, mencubit, dan mencubit dengan arah berlawanan, juga sentuhan untuk mensimulasikan keyboard virtual. Kendati dirancang khusus bagi masukan layar sentuh, Android juga telah digunakan dalam konsol game, kamera digital, personal komputer biasa dan perangkat elektronik lainnya.

Saat ini Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan. Pada tahun 2013, perangkat Android menjadi perangkat dengan penjualan tertinggi di seluruh dunia. Perangkat Android terjual lebih banyak dari gabungan penjualan perangkat Windows, perangkat iOS, dan perangkat Mac OS X. Pada bulan Juli 2013 Google Play Store telah memiliki lebih dari 1 juta aplikasi Android yang diterbitkan. Sudah lebih dari 50 miliar aplikasi telah diunduh.

Kode sumber Android dirilis oleh Google di bawah lisensi open source, meskipun kebanyakan perangkat Android menggunakan kombinasi open source dengan perangkat lunak proprietary. Sistem operasi Android diresmikan pada tahun 2007 bersamaan dengan pendirian sebuah konsorsium perusahaan perangkat keras, perusahaan perangkat lunak dan perusahaan telekomunikasi bernama Open Handset Alliance. Konsorsium ini dibangun dengan tujuan untuk memajukan standar terbuka untuk perangkat bergerak.

Sistem operasi Android banyak digunakan oleh perusahaan teknologi yang membutuhkan sistem operasi siap pakai, murah dan bisa disesuaikan untuk perangkat bergerak berteknologi tinggi. Android yang bersifat terbuka telah mendorong komunitas pengembang dan penggemar yang cukup besar untuk menggunakan kode open-source sebagai dasar bagi proyek-proyek berbasis kemasyarakatan. Mereka dapat menambahkan kemampuan-kemampuan baru bagi pengguna tingkat lanjut.

Perangkat Keras Yang Didukung Android

Platform perangkat keras utama Android adalah arsitektur ARM. Namun demikian arsitektur x86 dan arsitektur MIPS juga didukung. Selain mampu dijalankan secara langsung pada perangkat keras berbasis x86, Android juga bisa dijalankan pada arsitektur x86 seperti PC atau komputer MAC dengan menggunakan sebuah emulator Android. Baik menggunakan emulator Android bagian dari SDK Android, atau menggunakan BlueStacks atau Andy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar