Android di PC Dengan BlueStacks

BlueStacks adalah emulator Android yang berguna untuk terhubung ke Google Play Store untuk menginstall aplikasi Android di PC atau komputer Mac secara virtual. Banyak aplikasi populer pada platform mobile Android seperti Angry Birds dan Instagram. Hanya sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan di PC dengan sistem operasi Windows maupun Mac tanpa melalui emulator. Berikut akan dijelaskan informasi cara instalasi BlueStacks App Player agar kita bisa menjalankan aplikasi Android favorit kita pada PC dengan sistem operasi Windows. Setelah menginstallnya, Anda bisa membeli atau tetap menggunakannya secara gratis dengan syarat Anda harus menginstall aplikasi atau game Android dari pengembang aplikasi yang bermitra dengan BlueStacks.


  1. Masuk ke situs BlueStacks.com


  2. Klik tombol download aplikasi bluestacks sesuai platform yang anda pilih Windows atau Mac. Ukuran file sekitar 10MB.


  3. Setelah selesai download klik Run pada file setup yang didownload untuk menjalankan setup aplikasi.


  4. Setelah selesai intalasi, setup Emulator BlueStacks selanjutnya akan mendownload runtime yang diperlukan dan menginstallnya pada PC/Mac Anda.


  5. Setelah seluruh proses download run time selesai, silahkan Anda login pada akun Gmail yang Anda miliki atau membuat akun Gmail baru jika Anda belum memilikinya.


  6. Selesai pengaturan Gmail, barulah anda bisa menginstall aplikasi-aplikasi android dengan memilih pada menu diatas atau dengan menggunakan fitur pencarian di pojok kanan atas.

Kendati demikian, BlueStacks masih memiliki banyak kekurangan seperti Aplikasi Android yang kita buka terlihat buram dan sering mengalami lag, tidak semua fitur bekerja atau berfungsi secara konsisten. Berbeda dengan emulator Andy yang mampu menjalankan sistem operasi Android pada PC, BlueStacks hanya menjalankan aplikasi Android tapi tidak mengemulasikan sistem operasi Android. Jadi jangan berharap Anda bisa menjalankan sistem operasi Android  secara penuh. Emulator ini hanya menjalankan aplikasi Adroid di PC.

Kekurangan lainnya adalah kurangnya multitasking yang efisien. Untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, Anda harus kembali ke layar Home dan kemudian membuka aplikasi yang Anda inginkan dengan menekan menu aplikasi.


Cara Menginstal Aplikasi Android Di BlueStacks


Untuk mencari aplikasi, Anda bisa mengklik tombol Search, tuliskan nama aplikasi yang Anda cari lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Hanya butuh beberapa detik bagi BlueStacks untuk menampilkan semua hasil yang relevan. Jika aplikasi Android yang anda cari tidak ada atau belum terinstall, Anda bisa mengklik tombol Search on Google Play. Selanjutnya Anda akan dibawa masuk ke dalam Google Play Store. Silahkan Anda install aplikasi yang Anda inginkan melalui Google Play Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar