Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah pola saling berhubungan dari elemen jaringan. Sebuah topologi jaringan bisa berupa fisik yaitu memetakan konfigurasi perangkat keras, atau secara logis memetakan jalur data yang harus diambil untuk melalui jaringan. Topologi fisik mengacu pada desain fisik dari jaringan, sedangkan topologi logis mengacu pada bagaimana data ditangani dalam jaringan tersebut tanpa topologi fisik.

Ada banyak topologi teridentifikasi tetapi tidak baku, yang berarti bahwa salah satu dari mereka dapat dikombinasikan. Namun, setiap topologi memiliki standar yang berbeda dan dapat menggunakan metode hardware berbeda pula sehingga mereka tidak dapat dipertukarkan.

Sebuah Local Area Network (LAN) adalah contoh yang baik dari jaringan komputer yang menunjukkan kedua topologi logis dan fisik. Semua terminal di LAN terhubung bersama; pemetaan dari interkoneksi ini adalah topologi fisik, sementara aliran data menentukan topologi logis dari jaringan.

Ada tujuh tipe dasar topologi fisik:

1. Topologi Point-to-point

2. Topologi Bus (point-to-multipoint)

3. Topologi Star

4. Topologi Ring

5. Topologi Tree

6. Topologi Mesh

7. Topologi Hybrid

Baca juga:
  1. Pengertian Jaringan Komputer

  2. Macam-macam Jaringan Komputer

  3. Definisi Jaringan

  4. Komunikasi Data

  5. Manfaat Jaringan Komputer

  6. Topologi Jaringan
Referensi:
  1. What is network topology?

2 komentar:

  1. Apakah ada informasi kekurangan dan kelebihan pada setiap jenis jaringan? saya ada tugas materi TIK tentang topologi jaringan :)

    BalasHapus
  2. Apakah ada ilustrasi gambarnya?

    BalasHapus