Local Area network (LAN)

Sebuah Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer dalam area geografis yang kecil seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung perkantoran atau kelompok bangunan.

Sebuah LAN terdiri dari workstation yang saling terkoneksi dan komputer pribadi yang masing-masing mampu mengakses dan berbagi data dan perangkat, seperti printer, scanner dan perangkat penyimpanan data, di mana saja di dalam LAN. Local Area Network ditandai dengan komunikasi dan transfer data tingkat yang lebih tinggi dan tidak adanya kebutuhan untuk jalur komunikasi disewakan.

Pada tahun 1960, perguruan tinggi besar dan universitas memiliki Local Area Network (LAN) pertama. Pada pertengahan 1970-an, Ethernet dikembangkan oleh Xerox PARC (Xerox Palo Alto Research Center) dan disebarkan pada tahun 1976. Chase Manhattan Bank di New York memiliki penggunaan komersial pertama dari LAN pada bulan Desember 1977. Pada akhir 1970-an dan awal 1980-an, sangatlah umum untuk memiliki puluhan atau ratusan komputer pribadi yang terletak di area yang sama. Banyak pengguna dan administrator tertarik dengan konsep beberapa komputer berbagi ruang disk dan printer laser yang saat itu sangat mahal.

Dari pertengahan tahun 1980-an hingga tahun 1990-an, Novell Netware mendominasi pasar perangkat lunak / sistem operasi untuk LAN. Seiring waktu, pesaing Novell seperti Microsoft mengeluarkan produk yang sebanding hingga ke titik di mana saat ini, jaringan lokal telah menjadi fungsi dasar untuk setiap sistem operasi.


Referensi:
  1. Local Area Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar