Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan komputer yang paling mudah terlihat adalah bahwa kita dapat menyimpan berbagai jenis data ke jaringan dan kemudian mengambilnya dari jaringan menggunakan komputer jenis apapun yang tersambung ke jaringan. Hampir semua jenis data dapat disimpan/diambil ke/dari jaringan komputer seperti informasi surat-surat, audio, gambar, dan video. Berikut ini beberapa manfaat jaringan komputer:

1. Manfaat Jaringan Komputer untuk Berbagi Data

Jaringan komputer memungkinkan orang untuk berbagi informasi dan ide-ide dengan mudah, sehingga mereka dapat bekerja lebih efisien dan produktif. Jaringan juga meningkatkan kegiatan komersial seperti pembelian, penjualan, dan layanan pelanggan. Jaringan yang membuat proses bisnis tradisional yang lebih efisien, lebih mudah dikelola, dan lebih murah.

2. Berbagi Sumber Daya

Dengan jaringan komputer untuk bisnis, kita dapat mengurangi jumlah uang yang dibelanjakan untuk membeli hardware dan software dengan berbagi komponen dan peripheral untuk semua pengguna. Jaringan komputer juga dapat mengurangi jumlah waktu yang kita habiskan untuk mengelola sistem komputer.

Contoh, kita bisa berbagi printer untuk semua pengguna jaringan. Daripada membeli satu printer untuk setiap komputer di kantor, kita cukup membeli beberapa printer untuk digunakan secara bersama untuk semua pengguna jaringan komputer. Hal sama berlaku juga untuk perangkat lunak. Kita cukup membeli satu perangkat lunak dengan lisensi banyak pengguna.

3. Pengendalian Data Penting

Keuntungan signifikan dari jaringan komputer adalah kemampuan untuk melindungi data penting perusahaan. Sebuah jaringan yang dirancang dengan baik akan memiliki keamanan yang sangat kuat yang memungkinkan perusahaan untuk mengontrol siapa saja yang memiliki akses ke data sensitif, peralatan, dan sumber daya lainnya. Pengendalian ini dapat dilakukan terhadap karyawan perusahaan itu sendiri atau orang-orang di luar perusahaan yang mengakses sistem melalui Internet.

4. Merampingkan Manajemen Perusahaan

Dalam perusahaan, jaringan memungkinkan perusahaan untuk merampingkan proses bisnis internal mereka. Tugas umum seperti kolaborasi karyawan pada proyek-proyek, pengadaan, dan rapat menjadi jauh lebih murah dan cepat. Antar bagian di perusahaan dapat berbagi dan mengolah data yang sama.

5. Membuat Kolaborasi Antara Perusahaan Menjadi Kuat Namun Fleksibel

Ketika dua atau lebih perusahaan menghubungkan bagian terpilih dari jaringan mereka, mereka dapat merampingkan proses bisnis dan meningkatkan produktivitas. Misalnya, perusahaan pemasok dapat mengakses data persediaan suku cadang sebuah perusahaan manufaktur. Dengan cara seperti ini, jaringan komputer secara otomatis akan memberikan peringatan kepada perusahaan pemasok untuk mengirimkan suku cadang baru.

6. Kebebasan Untuk Memilih Alat Yang Tepat

Jaringan Komputer memungkinkan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda jenis maupun berbeda merk untuk bekerja bersamaan tanpa menghadapai masalah kompatibilitas. Misalnya pengguna jaringan dapat menggunakan PC IBM yang menjalankan sistem operasi Windows, komputer Apple Mac, Sun workstation yang menjalankan OS UNIX, dan jenis-jenis komputer lain pada jaringan yang sama. Semua merk komputer yang berbeda tersebut tetap dapat bekerja dalam jaringan yang sama.

7. Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan

Dunia bisnis bisa terhubung langsung dengan pelanggan melalui jaringan komputer yang sekarang dikenal dengan nama Internet. Perusahaan bisa memajang produk-produk mereka dalam situs web, sehingga para pelanggan bisa langsung mencari dan memesan produk atau layanan yang mereka inginkan.

8. Berbagi Atau Mengakses Informasi Dengan Cepat

Dengan menggunakan aplikasi web server, kita bisa menyebarkan informasi melalui jaringan Internet dalam bentuk situs web. Semua orang di seluruh dunia yang terpisah jauh secara geografis asalkan memiliki akses Internet dapat dengan cepat membaca informasi tersebut. Dengan kata lain, dengan menggunakan jaringan komputer kita bisa membagi atau mengakses informasi dari mana saja di belahan dunia hampir seketika.

Baca juga:
  1. Pengertian Jaringan Komputer

  2. Macam-macam Jaringan Komputer

  3. Definisi Jaringan

  4. Komunikasi Data

  5. Manfaat Jaringan Komputer

  6. Topologi Jaringan

Referensi:
  1. What are the benefits of computer networking?

  2. What's a computer network?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar