Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer privat (private networks) biasanya dibedakan berdasarkan ukuran mereka (dalam hal jumlah mesin komputer yang terhubung), kecepatan transfer data mereka, dan luas wilayah jangkauan jaringan tersebut. Private Networks adalah jaringan milik satu organisasi. Private Networks terbagi menjadi tiga kategori:

1. LAN (Local Area Network)

LAN singkatan dari Local Area Network. LAN adalah sekelompok komputer milik organisasi yang sama, dan terhubung dalam wilayah geografis kecil menggunakan jaringan, dan menggunakan teknologi yang sama (saat ini teknologi Ethernet paling banyak digunakan). Local Area Network adalah jaringan komputer dalam bentuk paling sederhana. Kecepatan transfer datanya dapat mencapai hingga 10 Mbps untuk jaringan Ethernet, dan 1 Gbps untuk FDDI atau Gigabit Ethernet.

Sebuah LAN bisa memiliki sebanyak 100, atau bahkan 1000 pengguna.
Jika kita memperluas definisi LAN berdasarkan layanan yang diberikannya, dua mode operasi berbeda, dapat didefinisikan:

- Jaringan peer-to-peer, di mana komunikasi terjadi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa bantuan komputer pusat, dan kedua komputer memiliki peran yang sama.

- Lingkungan client / server, di mana sebuah komputer pusat (komputer server) menyediakan layanan jaringan untuk pengguna (komputer client).

2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Networks) menghubungkan beberapa LAN yang saling berdekatan di area seluas hingga beberapa puluh kilometer, dengan kecepatan tinggi. Dengan demikian, MAN memungkinkan dua node terpencil berkomunikasi seolah-olah mereka adalah bagian dari jaringan area lokal yang sama.

Sebuah MAN terbuat dari switch atau router yang terhubung satu sama lain dengan kabel berkecepatan tinggi (biasanya kabel serat optik).

3. WAN (Wide Area Network)

WAN singkatan dari Wide Area Network. Sebuah WAN menghubungkan banyak LAN satu sama lain melewati jarak geografis yang jauh. Kecepatan yang tersedia dalam WAN bervariasi tergantung pada biaya koneksi yang meningkat sesuai dengan jarak dan mungkin berkecepatan rendah.
WAN beroperasi menggunakan router, yang dapat memilih jalur yang paling tepat untuk data untuk mencapai simpul jaringan. WAN yang paling terkenal adalah Internet.

Berdasarkan jenisnya, jaringan komputer terbagi menjadi:

1. TANs (Tiny Area Network), sebuah jaringan komputer yang sama dengan LAN tetapi lebih kecil, hanya terdiri dari 2 hingga 3 mesin komputer.

2. CANs (Campus Area Network), sebuah jaringan yang sama dengan MAN tetapi dengan bandwidth terbatas di antara masing-masing jaringan LAN.
    Baca juga:

    1. Pengertian Jaringan Komputer

    2. Macam-macam Jaringan Komputer

    3. Definisi Jaringan

    4. Komunikasi Data

    5. Manfaat Jaringan Komputer

    6. Topologi Jaringan
Ref:
  1. Types of Networks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar