Komunikasi Data

Komunikasi data (DC) adalah proses menggunakan komputasi dan komunikasi teknologi untuk mentransfer data dari satu tempat ke tempat lain, dan sebaliknya. Hal ini memungkinkan pergerakan data elektronik atau digital antara dua titik atau lebih, terlepas dari lokasi geografis, media teknologi atau isi data.

Komunikasi data menggabungkan beberapa teknik dan teknologi dengan tujuan utama untuk memungkinkan segala bentuk komunikasi elektronik. Dalam teknologi komunikasi data termasuk telekomunikasi, jaringan komputer dan komunikasi radio / satelit. Komunikasi data biasanya memerlukan adanya sarana transportasi atau komunikasi antara titik yang ingin berkomunikasi satu sama lain, seperti kawat tembaga, kabel serat optik atau sinyal nirkabel.

Misalnya, contoh umum dari komunikasi data adalah komputer yang terhubung ke Internet melalui koneksi Wi-Fi, yang menggunakan media nirkabel untuk mengirim dan menerima data dari satu atau lebih server remote.

Beberapa perangkat / teknologi yang digunakan dikenal sebagai peralatan komunikasi data (DCE) dan peralatan terminal data (DTE). DCE digunakan pada node/titik pengirim, dan DTE digunakan pada node penerima.

Baca juga:
  1. Pengertian Jaringan Komputer

  2. Macam-macam Jaringan Komputer

  3. Definisi Jaringan

  4. Komunikasi Data

  5. Manfaat Jaringan Komputer

  6. Topologi Jaringan

Referensi:
  1. Data Communication & Computer Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar