Internet

Internet adalah sebuah sistem jaringan yang terhubung secara global yang menggunakan protokol TCP / IP untuk mengirimkan data melalui berbagai jenis media. Internet adalah sebuah jaringan pertukaran global – didalamnya termasuk swasta, publik, kalangan bisnis, jaringan akademis dan pemerintah - dihubungkan menggunakan teknologi nirkabel dan serat optik.


Istilah internet dan World Wide Web yang seringkali digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya keduanya tidak persis sama; Internet mengacu pada sistem komunikasi global, termasuk hardware dan infrastruktur, sementara Web adalah salah satu layanan yang disampaikan melalui media Internet.

Sistem komunikasi pertama kali dikembangkan untuk komunikasi radio. Namun, seiring perkembangan di dunia komputasi, komunikasi peer-to-peer (P2P) secara bertahap diperkenalkan dan ditingkatkan. Selama dua dekade terakhir, jaringan global ini telah mempengaruhi dan meningkatkan jaringan dengan standar global. Miliaran penggunanya mengandalkan banyak aplikasi dan teknologi jaringan yang mencakup:

1. Internet Protocol (IP): komponen utama dan pendukung komunikasi. Karena jaringan ini terdiri dari lapisan perangkat keras dan perangkat lunak, standar komunikasi IP digunakan untuk mengatasi skema dan mengidentifikasi perangkat unik yang terhubung. Versi IP yang menonjol yang digunakan untuk komunikasi mencakup Internet Protocol versi 4 (IPv4) dan Internet Protocol versi 6 (Ipv6).

2. Komunikasi: Internet adalah metode komunikasi yang paling efektif di dunia yang sekarang merupakan sebuah desa global, di mana layanan berikut langsung tersedia:

- Email / email Web

- Layanan audio / video conferencing web-enabled

- Film dan game online

- Transfer data / file-sharing, seringkali melalui File Transfer Protocol (FTP)

- Pesan singkat

- Forum internet

- Jaringan sosial

- Belanja online

- Jasa keuangan

Internet diyakini berasal dari pemerintah AS, yang mulai membangun sebuah jaringan komputer di tahun 1960-an dikenal sebagai ARPANET. Pada tahun 1985, AS National Science Foundation (NSF) menugaskan pembangunan backbone jaringan universitas yang disebut NSFNET. Sistem ini digantikan oleh jaringan baru yang dioperasikan oleh penyedia layanan Internet komersial pada tahun 1995. Internet dibawa ke publik pada skala yang lebih besar di sekitar waktu ini. Pada tahun 2011, 30 persen dari populasi dunia telah menggunakannya.

Baca juga:

  1. Local Area Network (LAN)

  2. Metropolitan Area Network (MAN)

  3. Wide Area Network (WAN)

  4. Personal Area Network (PAN)

  5. Global Area Network (GAN)

  6. Internet

Referensi:



  1. What is Internet?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar