Cara Upgrade OS Android

Untuk mendapatkan performa terbaik dari smartphone Android atau tablet milik Anda, sebaiknya pastikan perangkat Android Anda selalu menjalankan aplikasi dan juga sistem operasi terbaru. Jika terdapat update untuk aplikasi terbaru atau OS Android terbaru, biasanya akan muncul pemberitahuan dari sistem atau dari Google Play Store.
Namun jika pemberitahuan tidak muncul, kita bisa memeriksanya secara langsung. Melakukan upgrade aplikasi Android mudah dilakukan melalui Google Play Store. Sementara melakukan upgrade OS Android bisa dilakukan melalui pengaturan Settings>About Phone>Software Update Service. Ikuti panduan berikut ini untuk cara upgrade OS Android.

1. Isi Baterai Smartphone/Tablet.

Charge baterai smartphone/tablet hingga setidaknya 70%. Jangan sampai baterai habis saat proses upgrade OS Android berlangsung, karena akan merusak smartphone.

2. Periksa Versi Android.

Pilih menu Settings>About Phone untuk melihat versi OS Android. Versi terakhir saat panduan ini ditulis adalah Android 5.1.1 Lollipop. Andoid KitKat adalah versi 4.4.x, sementara Android Jelly adalah versi 4.3, 4.2 dan 4.1

Gambar: Periksa versi Android.

3. Pilih Menu Settings.

Pilih atau sentuh menu Settings di layar. Biasanya menu Settings memiliki bentuk icon lingkaran bergerigi. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya buatlah backup data penting smartphone seperti buku kontak dan foto. Proses upgrade seharusnya tidak akan mempengaruhi data, tetapi tidak ada jaminan data Anda aman setelah upgrade OS Android.
Gambar: Pilih menu settings.

4. Pilih Menu About Phone.

Gulir ke bawah menu Settings dan sentuh 'About Phone' atau 'About Tablet'. Jika Anda memiliki menu pengaturan tab maka menu ini akan muncul di bagian 'General'.
Gambar: Pilih menu About Phone.

5. Pilih Menu Software Update.

Menu Software Update bisa berbeda tergantung merk perangkat Android Anda. Sentuh menu “Software Update” atau mungkin “Software update service”.
Gambar: Pilih Menu Software Update.

6. Tunggu Proses Update.

Telepon atau tablet Anda sekarang akan mencari update yang tersedia. Jika update tersedia untuk perangkat smartphone Anda, maka biasanya akan muncul pertanyaan apakah Anda ingin menginstalnya. Jika Anda memilih “ya” maka sistem akan men-download dan menginstal OS Android terbaru dan setelahnya akan melakukan reboot smartphone. Pastikan smartphone memiliki paket data internet atau menggunakan Wi-Fi karena ukuran file OS Android bisa besar.
Gambar: Tunggu proses update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar