Ulasan Aplikasi Android Gmail

Aplikasi Android Gmail yang resmi dari Google adalah sebuah aplikasi lengkap dan sangat dianjurkan untuk setiap pengguna Gmail. Secara default, aplikasi ini tersedia di semua perangkat Android. Aplikasi yang sangat membantu dalam membaca dan menulis email dari perangkat Android. Desainnya menarik namun tetap sederhana, mudah digunakan, mempunyai kemampuan pemberitahuan instan, ringan tidak memberatkan perangkat Android, dan mampu mendukung banyak akun berbeda. Anda bisa download aplikasinya secara gratis dari Google Play Store jika perangkat Android Anda belum memilikinya.

Kita bisa menemukan sebagian besar kemampuan Gmail versi web dalam aplikasi Gmail untuk Android. Misalnya memiliki folder penampung email spam, mencari pesan dalam suatu folder, mengelola banyak akun Gmail, desain ramping dan praktis, terintegrasi dengan Google Drive dimana Anda dapat menyimpan berkas lampiran / file attachment ke perangkat Android atau ke media penyimpanan Google Drive.

Aplikasi Android Gmail terlihat bagus dan terorganisir dengan baik. Pesan dapat diurutkan berdasarkan tag dan kategori. Kemampuan tersebut dikombinasikan dengan filter yang lebih praktis, membuatnya jauh lebih mudah untuk menemukan email. Fitur lain yang bagus adalah bahwa Aplikasi Android Gmail akan secara otomatis memisahkan email dalam inbox Anda ke dalam kategori berbeda seperti inbox utama, sosial dan promosi.

Kemampuan berpindah di antara akun email berbeda juga terintegrasi sangat baik. Hanya dengan satu sentuhan jari, kita dapat dengan mudah melompat diantara akun email berbeda.

Mungkin keuntungan utama memiliki aplikasi Android Gmail adalah, Anda dapat memeriksa email kapan saja bahkan saat berada di luar ruangan. Anda tidak perlu pulang ke rumah hanya untuk membalas email dari rekan kerja. Meskipun menulis email dari ponsel atau tablet mungkin tidak ideal, namun pada saat mendesak, aplikasi email di smartphone tentunya sangat membantu pekerjaan.

Pada saat artikel ini ditulis, Google telah merilis versi Android 5.0 Lollipop. Pada versi Android Lollipop, Gmail Google untuk Android mendapatkan update desain baru dengan tampilan dan perbaikan inbox baru yang membuatnya lebih mudah untuk digunakan.

Sebuah tombol compose baru sekarang berada tepat di bagian kanan bawah layar, sehingga Anda dapat melompat ke menu menulis email baru dengan cepat. Ada juga tombol baru di bagian bawah setiap email sehingga ketika selesai membaca pesan, Anda memiliki akses cepat untuk membalasnya.

Mungkin perubahan terbesar dari aplikasi Gmail terbaru adalah kemampuan menambahkan akun email dari layanan lain. Sekarang Anda akan dapat menambahkan baik akun IMAP maupun akun POP seperti Yahoo Mail, bersama dengan alamat email Outlook.com, tepat di dalam aplikasi. Sebelumnya, Anda bisa menambahkan akun tersebut tersebut ke ponsel Android melalui aplikasi email pihak ketiga bukan dari aplikasi Gmail. Kemampuan baru ini bisa mengurangi jumlah aplikasi yang Anda butuhkan untuk memeriksa email dari perangkat Android. Semoga  ulasan ini bisa bermanfaat.

5 komentar:

  1. Pakai ini emng ngebantu banget, tapi kadang email masuknya kadang suka telat gitu deh. Padahal yang yahoo masuk. :/

    BalasHapus
  2. mungkin bisa diliat di pengaturannya, siapa tau ada yang lupa dicentang.

    BalasHapus
  3. coba diperiksa folder spam, mungkin emailnya masuk kesitu

    BalasHapus
  4. kalo aplikasi gmail, bisa digunakan untuk mengedit signature ga?

    BalasHapus
  5. mengedit signature bisa di Gmail versi web, bisa juga melalui aplikasi Gmail Mobile.

    BalasHapus