Aplikasi Android Google Maps

Hingga kini Aplikasi Android Google Maps terus berkembang dan seolah menjadi standar bagi aplikasi navigasi gratis berbasis GPS. Bisa dikatakan bahwa Google Maps adalah aplikasi penting Android selain Gmail. Google Maps memiliki database lokasi akurat dan antarmuka sederhana. Dengan aplikasi Google Maps kita bisa mencari suatu lokasi saat kita tengah berjalan kaki, saat mengemudi atau saat bersepeda. Walaupun hasil pencarian untuk jarak dekat kadang tidak terlalu akurat, namun saat ini Google Maps masih jadi pemimpin dari para pesaingnya seperti Nokia Maps, Bing Maps, dan Apple Maps. Jika aplikasi ini belum terpasang pada smartphone atau tablet Anda, silahkan download di Google Play Store.

Aplikasi Google Maps versi terbaru telah mempunyai kemampuan menandai suatu lokasi dengan tanda favorit. Saat kita mencari suatu lokasi tertentu, aplikasi Google Maps mampu memberikan pilihan jalur alternatif berikut perkiraan waktu tempuhnya. Anda dapat membagikan jalur tersebut kepada teman-teman melalui SMS atau email. Menarik bukan? Selain itu, ada pula tambahan kemampuan yang memungkinkan pengguna Android untuk mengakses kontak sambil mencari alamat.

Dari sisi kecepatan aplikasi, Google pun telah memperbaiki performa aplikasi Android Google Maps sehingga menjadi lebih ringan dan tentunya mempermudah pengguna mengakses layanannya. Antarmukanya kini menjadi lebih minim dan dioptimalkan untuk layar smartphone atau tablet. Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi apakah ia tengah berjalan pada tablet atau smartphone.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi Google Maps bisa digunakan secara off-line atau tanpa koneksi internet. Ini mungkin kemampuan paling menarik, Google telah membekali aplikasi navigasinya tersebut dengan kemampuan offline. Artinya, pengguna tak lagi diharuskan terhubung dengan internet ketika mengakses aplikasi Google Maps. Pengguna bisa melakukan penyimpanan data peta dan mengakses peta tanpa perlu terhubung dengan internet. Sayangnya kemampuan peta offline ini tidak bisa digunakan secara terus menerus.

Pada layar pembuka, pertama kali Anda akan diminta untuk mengaktifkan GPS. Selanjutnya aplikasi akan mencari lokasi Anda. Untuk mempermudah, Anda bisa menandai lokasi ini dengan nama 'MyPlace'. Di pojok kanan bawah terdapat tanda Plus dan Minus untuk memperbesar atau memperkecil peta.

Jika ingin mencari lokasi tertentu, silahkan sentuh kotak pencarian kemudian ketik tujuan Anda. Aplikasi akan segera mencari lokasi Anda. Silahkan sentuh nama lokasi untuk mengetahui detail lokasi tujuan Anda tersebut, atau sentuh tombol panah dan sentuh tombol Get Directions untuk mencari jalur ke lokasi tersebut. Jangan lupa untuk menentukan pilihan akan menggunakan kendaraan pribadi (mobil), menggunakan bis, atau hendak berjalan kaki. Jika sedang tidak mengemudi kendaraan pribadi, Anda dapat memilih angkutan umum, bersepeda, atau berjalan. Bahkan jika tidak memiliki sinyal selular, kita masih dapat dengan mudah mengakses versi cache dari peta, yang sangat membantu. Silahkan sentuh panah kanan atau panah kiri untuk menavigasi. Aplikasi Google Maps akan menunjukan jalan demi jalan yang harus dilalui.

Dengan segudang kemampuan diatas, sepertinya aplikasi Android Google Maps adalah aplikasi harus dimiliki bagi siapa saja yang menggunakan perangkat Android. Secara keseluruhan aplikasi besutan Google ini menawarkan pengalaman luar biasa bagi Anda yang tengah mencari suatu lokasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar