Aplikasi BBM Untuk Android

Aplikasi BlackBerry Messenger atau biasa disingkat BBM, sebelumnya, adalah sebuah aplikasi messenger yang hanya tersedia untuk smartphone BlackBerry. Namun kini BlackBerry melepas aplikasi BBM secara gratis untuk sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone. Dapatkan aplikasi BBM untuk Android gratis di Google Play Store. Berikut sedikit ulasan dan cara instalasi aplikasi BBM untuk Android.

Cara Aktivasi Aplikasi BBM Untuk Android

Untuk download aplikasi android BBM silahkan anda masuk ke Google Play Store, ketik “bbm for android” di kotak pencarian, kemudian install. Setelah aplikasi BBM telah terpasang di smartphone, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan aktivasi aplikasi BBM untuk Android anda. Jika anda telah memiliki akun BlackBerry Messenger, silahkan login menggunakan akun email anda. Jika belum memiliki akun BlackBerry Messenger, silahkan gunakan email, bisa Yahoo atau Gmail, untuk mendaftar.

Setelah selesai mendaftar, anda akan mendapatkan PIN. Angka PIN ini penting untuk menambahkan kontak ke aplikasi. Cara kerjanya seperti ini: Anda mengirim undangan atau invite dengan PIN Anda kepada pengguna lain BBM melalui pesan teks, e-mail, pesan BBM, atau menggunakan QR code. Orang yang menerima undangan Anda harus menerimanya atau meng-Approve, sebelum Anda dapat memulai percakapan. Dan begitu pula sebaliknya, orang yang mengundang anda hanya bisa memulai percakapan jika anda meng-Approve undangan mereka. Untuk melihat PIN Anda, silahkan sentuh foto profil Anda di bagian atas aplikasi.




Video: Cara menambah kontak dengan PIN dalam BBM.

Pihak BlackBerry mengatakan bahwa mereka mengunakan sistem PIN dengan tujuan menjaga privasi pengunanya. Kendati orang lain mengetahui alamat email atau nomor telepon kita, mereka tetap tidak bisa terhubung jika tidak mengetahui nomor PIN kita. Dengan kata lain, kitalah yang menentukan kepada siapa PIN akan dibagikan. Selain itu, pengguna di perusahaan mengatakan bahwa proses dua langkah dalam menambahkan sebuah kontak baru juga meningkatkan keamanan. Aplikasi messenger lain seperti WhatsApp, akan secara otomatis membaca daftar kontak di telepon, kemudian menambahkan pada daftar kontak WhatsApp, jika menemukan ada teman kita yang menggunakan aplikasi sama. BBM menggunakan cara berbeda, dimana kedua belah pihak harus menyetujui untuk saling terhubung. Proses menambahkan kontak baru di BBM memang agak membingungkan dibanding para pesaingnya.


Cara Mengirim Pesan Dengan BBM Untuk Android


Percakapan menggunakan aplikasi Android BBM cukup sederhana. Anda dapat mengirim teks, foto, dan pesan suara ke salah satu kontak. Sama seperti di versi asli dari BBM, kita bisa mengetahui ketika pesan telah sampai dan dibaca oleh penerima, berkat ikon D dan R kecil di setiap gelembung pesan. Icon D berarti pesan telah sampai (delivered), sedang icon R berarti telah dibaca (Read).

Ada juga grup obrolan, di mana kita dapat menambahkan beberapa orang untuk bergabung dalam sebuah kelompok percakapan. Anda juga dapat memulai grup chat baru atau menambahkan orang baru ke thread pesan yang ada. Perlu dicatat bahwa kita hanya dapat mengirim foto dalam masing-masing pesan, tidak dalam obrolan kelompok.

Dan ada juga perintah Ping. Perintah Ping cukup populer bagi pengguna BBM layaknya perintah colek di facebook. Jika teman Anda tidak membalas pesan yang anda kirim, atau Anda hanya ingin mendapatkan perhatian, Anda bisa ping dia. Ping akan membuat smartphone bergetar dan memainkan nada khusus.

Kinerja Aplikasi BBM

Meskipun BBM untuk Android memiliki semua fitur klasik, namun banyak fitur modern yang dimiliki para pesaingnya (iMessage, Hangouts, dan WhatsApp), tidak dimiliki oleh BBM. Seperti fitur berbagi lokasi, dan mengirim acara di kalender. Begitu pula dengan tidak adanya fitur panggilan video, menempatkan BBM tertinggal di belakang Viber, Skype, dan FaceTime. Kendati ada aplikasi BBM Video di ponsel BlackBerry, tapi aplikasi tersebut tidak tersedia pada platform lainnya. Pihak BlackBerry mengatakan akan segera membawa fitur panggilan suara dan panggilan video ke iOS dan juga Android.

Kekurangan lain BBM adalah bahwa kita tidak dapat masuk ke akun BBM pada lebih dari satu perangkat. Bandingkan dengan iMessage atau Google Hangouts, dimana kita bisa memulai percakapan di telepon untuk kemudian melanjutkannya di tablet, dan sebaliknya.

Meskipun memiliki kekurangan-kekurangan seperti tersebut diatas, BBM unggul dalam hal kinerja. Layanan BBM telah lama dikenal untuk kecepatan dan kestabilannya. Kecepatannya dalam mengirim dan menerima pesan bisa diandalkan walaupun hal tersebut tergantung juga pada kecepatan internet. Catatan lainnya adalah, agar bisa menjalankan aplikasi BBM untuk Android ini dibutuhkan memori ponsel cukup besar. Disarankan anda menggunakan ponsel dengan RAM 1 GB. Jika memori ponsel dibawah 1 GB, maka aplikasi BBM akan membuat ponsel anda berjalan lambat, yang mana hal tersebut akan membuat anda kesal.

2 komentar:

  1. keren artikelnya sob, tp ane skrg udah g pny hp android udah terjual gara2 kepepet.. tp rencananya 2015 awal ane mau beli android baru coz BBM ini amat berguna buat menjalin hubungan dengan konsumen...

    BalasHapus