Metropolitan Area Network (MAN)

Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) mirip dengan Local Area Network (LAN) tetapi mencakup area yang lebih luas, bisa mencakup wilayah sebuah kota atau sebuah kampus. MAN dibentuk dengan menghubungkan beberapa LAN. Dengan demikian, MAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari Wide Area Network (WAN).

MAN sangat efisien dan menyediakan komunikasi cepat melalui media berkecepatan tinggi, seperti kabel serat optik.

Sebuah MAN sangat ideal untuk berbagai jenis pengguna jaringan karena merupakan jaringan komputer berukuran sedang. MAN digunakan untuk membangun jaringan dengan kecepatan koneksi data yang tinggi untuk kota-kota besar.

Mekanisme kerja MAN adalah sama dengan Internet Service Provider (ISP), tetapi MAN tidak dimiliki oleh satu organisasi pun. Seperti WAN, MAN menyediakan koneksi jaringan bersama para penggunanya. Sebuah MAN sebagian besar bekerja pada lapisan data link, yang merupakan Layer 2 dari model Open System Interconnection (OSI).

Antrian Bus Ganda Terdistribusi (DQDB) adalah standar MAN yang ditentukan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) sebagai IEEE 802,6. Menggunakan standar ini, luas MAN bisa mencapai hingga 30-40 km, atau 20-25 mil.

Referensi:
  1. Metropolitan Area Network Definition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar