Sejarah Perkembangan Komputer

Tidak ada jawaban mudah untuk pertanyaan ini karena banyak klasifikasi yang berbeda dari komputer. Komputer mekanis pertama, diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, tidak benar-benar menyerupai apa yang paling akan mempertimbangkan komputer hari ini. Oleh karena itu, artikel ini telah dibuat dengan daftar dari masing-masing pengalaman pertama komputer, dimulai dengan Difference Engine dan mengarah ke komputer yang kita gunakan saat ini.

Pertama Kali Kata "komputer" Digunakan

Kata "komputer" pertama kali tercatat digunakan pada tahun 1613 dan awalnya digunakan untuk menggambarkan manusia yang melakukan perhitungan. Definisi komputer tetap sama sampai akhir abad ke-19, ketika revolusi industri memunculkan mesin yang tujuan utamanya adalah menghitung.

Komputer Mekanis Pertama Atau Konsep Mesin Komputasi Otomatis

Tahun 1822, Charles Babbage dikonsep dan mulai mengembangkan Difference Engine. Difference Engine dianggap menjadi sebagai mesin komputasi otomatis pertama. Difference Engine mampu melakukan komputasi beberapa set angka dan membuat salinan dari hasilnya. Babbage menerima bantuan dari pengembangan Difference Engine dari Ada Lovelace, asistennya. Ada Lovelace dianggap oleh banyak orang sebagai programmer komputer pertama untuk pekerjaan dan catatan pada Difference Engine. Sayangnya, karena masalah dana, Babbage tidak pernah bisa menyelesaikan versi fungsional skala penuh dari mesin ini. Pada bulan Juni 1991, Science Museum London menyelesaikan Difference Engine No 2 untuk tahun peringatan dua abad kelahiran Babbage dan kemudian menyelesaikan mekanisme pencetakan di tahun 2000.
Di tahun 1837, Charles Babbage mengusulkan komputer mekanik umum pertama, dinamai Analytical Engine. Di dalam Analytical Engine terkandung Arithmetic Logic Unit (ALU), pengendali aliran dasar, dan memori yang terintegrasi. Ini merupakan konsep komputer umum pertama. Sayangnya, karena masalah pendanaan, komputer ini juga tidak pernah dibuat saat Charles Babbage masih hidup. Pada tahun 1910, Henry Babbage, putra bungsu Charles Babbage, mampu menyelesaikan sebagian dari mesin ini dan mampu melakukan perhitungan dasar.

“Model K” Adder

1937 - George Stibitz, Seorang Ilmuwan Bell Laboratories Membuat “Model K” Adder. Disebut "Model K" Adder karena ia dibuat di atas meja dapurnya (Kitchen), demonstrasi rangkaian sederhana ini memberikan bukti konsep untuk menerapkan logika Boolean untuk desain komputer, menghasilkan pembangunan model kalkulator kompleks berbasis relay I pada tahun 1939. Pada tahun tersebut juga, di Jerman, seorang insinyur bernama Konrad Zuse membangun komputer Z2 nya, juga menggunakan telepon relay perusahaan.

Perusahaan Komputer “Hewlett-Packard” Berdiri

1939 - David Packard dan Bill Hewlett membangun perusahaan mereka di sebuah garasi di Palo Alto, California. Produk pertama mereka, yaitu HP 200A Audio Oscillator, dengan cepat menjadi alat uji populer bagi para insinyur. Walt Disney Pictures memesan delapan buah model 200B untuk menguji peralatan rekaman dan speaker sistem untuk 12 bioskop khusus yang menayangkan film "Fantasia" pada tahun 1940.

Complex Number Calculator (CNC) Selesai Dibuat

Pada tahun 1939, Bell Telephone Laboratories menyelesaikan pembuatan kalkulator CNC yang dirancang oleh ilmuwan George Stibitz. Pada tahun 1940, Stibitz menunjukkan CNC pada American Mathematical Society Conference yang diadakan di Dartmouth College. Stibitz membuat mereka terkagum dengan melakukan perhitungan secara jarak jauh dari CNC (terletak di New York City) menggunakan terminal Teletype terhubung ke New York melalui saluran telepon khusus. Hal ini mungkin contoh pertama dari sistem komputasi jarak jauh.

Konrad Zuse Menyelesaikan Komputer Z3

1941 - Z3, komputer generasi awal dibangun oleh insinyur Jerman bernama Konrad Zuse yang bekerja terisolasi penuh dari perkembangan komputer di tempat lain, menggunakan 2.300 relay, melakukan perhitungan aritmetika floating point biner, dan memiliki panjang kata 22-bit. Z3 telah digunakan untuk perhitungan aerodinamis tapi hancur dalam serangan bom di Berlin pada akhir tahun 1943. Zuse kemudian menjadi supervisor rekonstruksi komputer Z3 di akhir tahun 1960-an, yang saat ini dipamerkan di Museum Deutsches di Munich.

Bombe Pertama Dibangun

1941 – Komputer Bombe dibangun sebagai cara mekanis elektromekanis untuk mendekripsi komunikasi militer berbasis ENIGMA Nazi selama Perang Dunia II, Komputer Inggris Bombe dipelopori oleh Alan Turing dan Harold Keen dari British Tabulating Machine Company. Ratusan Bombes dibangun, tujuan mereka untuk memastikan posisi rotor awal harian mesin cipher Enigma, yang pada gilirannya memungkinkan Sekutu untuk mendekripsi pesan rahasia pasukan Jerman.

ABC (Atanasoff-Berry Computer) Selesai Dibuat

1942 - Setelah berhasil mendemostrasikan prototipe konsep pada tahun 1939, Profesor John Vincent Atanasoff menerima dana untuk membangun mesin berskala penuh di Iowa State College (sekarang Universitas). Mesin ini dirancang dan dibangun oleh Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Clifford Berry antara 1939 dan 1942. ABC mengalami sengketa paten berkaitan dengan penemuan komputer, yang diselesaikan pada tahun 1973 ketika ditunjukkan bahwa salah seorang desainer komputer ENIAC yang bernama John Mauchly telah melihat ABC.

Hasil hukum sengketa paten ini adalah: Atanasoff dinyatakan sebagai pencetus beberapa ide dasar komputer, tapi komputer sebagai sebuah konsep dinyatakan tidak dapat dipatenkan dan dengan demikian bebas terbuka untuk semua orang. Replika penuh dari ABC diselesaikan pada tahun 1997, membuktikan bahwa mesin ABC dapat berfungsi sebagaimana klaim oleh Atanasoff. Replika saat ini dipamerkan di Museum Sejarah Komputer.

Relay Interpolator Bell Labs Selesai Dibuat

1943 - Tentara AS meminta Bell Laboratories untuk merancang mesin untuk membantu dalam pengujian senjata M-9 mereka, yaitu sebuah jenis komputer analog yang mentargetkan senjata besar. Matematikawan George Stibitz merekomendasikan menggunakan kalkulator berbasis relay untuk proyek tersebut. Hasilnya adalah sebuah Relay Interpolator, yang kemudian disebut Bell Labs Model II. Relay Interpolator menggunakan 440 relay, dan oleh karena mesin tersebut diprogram menggunakan pita kertas, mesin tersebut juga kemudian digunakan untuk aplikasi lain setelah perang usai.

Curt Herzstark Mendesain Kalkulator Curta

1943 - Curt Herzstark adalah seorang insinyur Austria yang bekerja dalam bisnis manufaktur keluarganya sampai ia ditangkap oleh Nazi pada tahun 1943. Saat mendekam di dalam dipenjara di kamp konsentrasi Buchenwald selama Perang Dunia II, ia menyempurnakan desain kalkulatornya sebelmu perang yang menampilkan versi modifikasi dari desain “Stepped drum”-nya Leibniz. Setelah perang, Kalkulator Curta karya Herzstark ini membuat sejarah sebagai kalkulator empat fungsi terkecil yang pernah dibangun.

Proyek Whirlwind Dimulai

1943 - Selama Perang Dunia II, Angkatan Laut AS meminta Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk membangun simulator penerbangan untuk melatih awak bomber. Tim pertama kemudian membangun komputer analog besar, tapi ternyata tidak akurat dan tidak fleksibel. Setelah para desainer melihat demonstrasi dari komputer ENIAC, mereka memutuskan untuk menggunakan pendekatan digital, sementara itu pula proyek perlahan berubah dari proyek simulator penerbangan menjadi proyek sistem pertahanan udara. Pada saat Whirlwind selesai pada 1951, Angkatan Laut telah kehilangan minat dalam proyek tersebut. Angkatan Udara akhirnya mendukung "Whirlwind II," sebuah komputer pertahanan udara baru yang akan digunakan sebagai bagian dari sistem pertahanan udara benua SAGE.

Colossus Pertama Beroperasi di Bletchley Park

1944 - Dirancang oleh insinyur Inggris bernama Tommy Flowers, Colossus ini dirancang untuk memecahkan kode sandi Lorenz yang kompleks yang digunakan oleh Nazi selama Perang Dunia II. Sebanyak sepuluh Colossus dikirim, masing-masing menggunakan sebanyak 2.500 tabung vakum. Colossus mengurangi waktu untuk memecahkan kode sandi Lorenz yang sebelumnya membutuhkan waktu mingguan menjadi beberapa jam. Kebanyakan sejarawan percaya bahwa penggunaan mesin Colossus secara signifikan mempersingkat lama perang karena mampu memberikan bukti niat musuh. Keberadaan mesin ini tidak diumumkan ke publik hingga tahun 1970-an.

Harvard Mark 1 selesai Dibuat

Dirancang oleh profesor fisika Harvard yang bernama Howard Aiken, dirancang dan dibangun oleh IBM, Harvard Mark 1 adalah komputer berbasis relay, sebuah kalkulator seukuran kamar. Mesin komputer ini memiliki camshaft panjang lima puluh kaki berjalan panjang mesin yang disinkronkan ribuan mesin dari bagian komponen dan menggunakan 3.500 buah relay. Mark 1 memproduksi tabel matematika tapi segera digantikan oleh komputer elektronik dengan program-tersimpan.

John von Neumann Menulis Laporan Pertama EDVAC

1945 - Dalam sebuah makalah yang beredar luas, seorang matematikawan bernama John von Neumann menguraikan arsitektur komputer dengan program-tersimpan, yang mencakup penyimpanan secara elektronik informasi pemrograman berikut datanya - yang menghilangkan kebutuhan metode lain seperti plugboards, punched card dan kertas. Matematikawan kelahiran Hungaria ini menunjukkan keahlian luar biasa di bidang hidrodinamika, balistik, meteorologi, teori permainan, statistik, dan penggunaan perangkat mekanik untuk perhitungan. Setelah perang, ia berkonsentrasi pada pengembangan komputer Princeton's Institute for Advanced Studies.

Sekolah Moore Mengenai Komputer Diadakan

1946 - Sebuah sekolah musim panas yang menginspirasi teknologi komputer di Sekolah Teknik Elektro Moore di Universitas Pennsylvania merangsang pembangunan komputer program-tersimpan di universitas-universitas dan lembaga-lembaga penelitian di AS, Prancis, Inggris, dan Jerman. Dosen yang mengajar adalah para desainer awal komputer seperti John von Neumann, Howard Aiken, J. Presper Eckert dan John Mauchly, serta juga ahli matematika seperti Derrick Lehmer, George Stibitz, dan Douglas Hartree. Yang menjadi siswa diantaranya adalah yang termasuk pelopor komputasi masa depan seperti Maurice Wilkes, Claude Shannon, David Rees, dan Jay Forrester. Kuliah umum gratis ini mengilhami komputer EDSAC, BINAC, dan, kemudian, IAS sebuah mesin klon seperti AVIDAC.

Pembukaan Publik dari ENIAC

1946 - Dimulai pada tahun 1943, sistem komputasi ENIAC dibangun oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert di Sekolah Teknik Elektro Moore di Universitas Pennsylvania. Karena sifat elektroniknya, sebagai lawan dari elektromekanis, teknologi ini 1.000 kali lebih cepat daripada komputer sebelumnya. ENIAC menggunakan plugboards dan switch untuk pemrograman, memakan tempat lebih dari 1.000 kaki persegi, menggunakan sekitar 18.000 tabung vakum dan memiliki berat 30 ton. Dipercaya bahwa ENIAC telah melakukan perhitungan lebih banyak selama sepuluh tahun beroperasi daripada seluruh operasi perhitungan yang dilakukan oleh umat manusia pada saat itu.

Program Komputer Pertama Yang Dijalankan Pada Komputer

1948 – Tiga orang peneliti dari University of Manchester yang bernama Frederic Williams, Tom Kilburn, dan Geoff Toothill mengembangkan Mesin Eksperimental Berskala Kecil (SSEM), atau lebih dikenal dengan Manchester Baby. Mesin ini mereka bangun untuk menguji teknologi memori baru yang dikembangkan oleh Williams dan Kilburn – kemudian hari sebagai tabung Williams - yang merupakan random access memory elektronik pertama untuk komputer. Program pertama, yang terdiri dari tujuh belas instruksi dan ditulis oleh Kilburn, dijalankan pada tanggal 21 Juni 1948. Ini adalah program pertama yang pernah dijalankan pada komputer dengan program yang tersimpan secara elektronik.

SSEC Digunakan

1948 – Proyek The Selective Sequence Electronik Calculator (SSEC), yang dipimpin oleh insinyur IBM Wallace Eckert, menggunakan baik relay maupun tabung vakum untuk memproses data ilmiah pada tingkat 50 multiplikasi per detik. SSEC memproduksi tabel posisi bulan yang digunakan untuk merencanakan perjalanan Apollo ke bulan di tahun 1969. SSEC adalah salah satu dari sedikit dan produk terakhir dari generasi 'kalkulator super' yang dibangun menggunakan teknologi elektromekanis.

CSIRAC Menjalankan Program Pertama

1949 - Sementara banyak komputer digital awal didasarkan pada desain yang sama, seperti IAS dan mesin-mesin tiruannya, komputer lainnya memiliki desain unik, seperti CSIRAC. Dibangun di Sydney, Australia oleh Dewan Penelitian Ilmiah dan Industri untuk digunakan dalam Laboratorium Fisika Radio di Sydney, CSIRAC dirancang oleh ilmuwan kelahiran Inggris bernama Trevor Pearcey, dan menggunakan 12-lubang pita kertas yang tidak lazim. Mesin CSIRAC dipindahkan ke Departemen Fisika di University of Melbourne pada tahun 1955 dan tetap digunakan hingga tahun 1964.

EDSAC Selesai Dibangun

1949 - EDSAC sebuah komputer dengan program tersimpan yang praktis pertama, dibangun di Universitas Cambridge menggunakan tabung vakum dan garis delay merkuri untuk memori. Proyek EDSAC dipimpin oleh profesor Cambridge dan direktur Cambridge Komputasi Laboratorium, Maurice Wilkes. Ide Wilkes 'tumbuh dari Sekolah Moore yang ia hadiri tiga tahun sebelumnya. Salah satu kemajuan besar dalam pemrograman adalah Wilkes menggunakan library program-program pendek yang disebut "subrutin," yang tersimpan di punched paper dan digunakan untuk melakukan perhitungan berulang di dalam sebuah program besar.


Pengembangan MADDIDA

1949 - MADDIDA adalah sebuah drum digital berbasis diferensial analyzer. Jenis komputer ini berguna dalam melakukan banyak persamaan matematika para insinyur dan ilmuwan yang dijumpai dalam pekerjaan mereka. MADDIDA pada awalnya diciptakan untuk sebuah proyek desain rudal nuklir pada tahun 1949 oleh tim yang dipimpin oleh Fred Steele. MADDIDA menggunakan 53 tabung vakum dan ratusan dioda germanium, dengan drum magnetik untuk memori. Trek pada drum melakukan integrasi matematika. MADDIDA diterbangkan ke seluruh negeri untuk demonstrasi untuk John von Neumann, yang merasa terkesan. Northrop awalnya enggan untuk membuat MADDIDA sebagai produk komersial, tetapi pada akhir tahun 1952, mereka telah mejual enam buah MADDIDA.

Manchester Mark I Selesai Dibuat

1949 - Dibangun oleh tim yang dipimpin oleh insinyur Frederick Williams dan Tom Kilburn, Mark I berfungsi sebagai prototipe untuk komputer pertama Ferranti - Ferranti Mark 1. Manchester Mark I menggunakan lebih dari 1.300 tabung vakum dan menempati area seukuran ruang menengah. Sistem memori "tabung Williams-Kilburn"-nya kemudian diadopsi oleh beberapa sistem komputer awal lain di seluruh dunia.

ERA 1101 Diperkenalkan

1950 - Salah satu dari komputer pertama yang diproduksi secara komersial, pelanggan pertama perusahaan adalah Angkatan Laut Amerika Serikat. 1101, dirancang oleh ERA tapi dibangun oleh Remington-Rand, dimaksudkan untuk komputasi berkecepatan tinggi dan mampu menyimpan data 1 juta bit pada drum magnet, salah satu perangkat penyimpanan magnetik awal dan teknologi yang disempurnakan oleh ERA di dalam laboratoriumnya. Banyak dari detail arsitektur dasar komputer 1101 ini digunakan lagi pada komputer buatan Remington-Rand lainnya hingga tahun 1960-an.

Percontohan ACE NPL Selesai


1950 - Berdasarkan ide dari Alan Turing, komputer percontohan Inggris, ACE, dibangun di National Physical Laboratory. "Kami berusaha untuk membangun sebuah mesin untuk melakukan segala macam hal yang berbeda hanya dengan pemrograman bukan oleh penambahan komponen ekstra," kata Turing di sebuah simposium tentang mesin penghitung digital skala besar pada tahun 1947 di Cambridge, Massachusetts. Desain komputer ini mengemas 800 tabung vakum menjadi berukuran relatif kecil dengan luas 12 kaki persegi.

Rencana Untuk Membangun Simon 1, Sebuah Mesin Relay Logika, Dipublikasikan


1950 - Majalah Radio Electronics mempublikasikan desain Edmund Berkeley untuk Simon 1 sebuah komputer relay dari tahun 1950 sampai 1951. The Simon 1 menggunakan logika relay dan membutuhkan biaya sekitar $ 600 untuk pembuatannya. Dalam bukunya yang berjudul “Raksasa Otak”, Edmund Berkeley mencatat - "Sekarang kita akan mempertimbangkan agar bagaimana kita bisa merancang mesin yang sangat sederhana yang akan mampu berpikir. Mari kita menyebutnya Simon, karena pendahulunya, bernama Simple Simon. Simon sangat sederhana dan begitu kecil sekitar empat kaki kubik. "

SEAC dan SWAC Selesai Dibuat


1950 – The Standar Automatic Computer (SEAC) adalah komputer program-tersimpan pertama yang selesai dibuat di Amerika Serikat. SEAC dibangun di Washington DC sebagai laboratorium untuk pengujian komponen dan sistem dan untuk menetapkan standar komputer. SEAC juga merupakan komputer pertama yang menggunakan logika semua-dioda, teknologi yang lebih handal dari tabung vakum. Pita magnetik di unit penyimpanan eksternal (ditampilkan di sebelah kanan foto ini) tersimpan informasi pemrograman, subrutin kode, data numerik, dan hasil keluaran/output. NBS juga membangun Standar Western Automatic Computer (SWAC) di Institut for Numerical Analysis di Los Angeles. Alih-alih melakukan pengujian komponen seperti SEAC, SWAC memiliki tujuan komputasi menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan. SWAC digunakan untuk membuat gambar komputer-scan pertama serta untuk menemukan lima bilangan prima Mersenne yang sebelumnya tidak diketahui.

Baca juga:
    1. Pengertian komputer

    2. Jenis-jenis komputer

    3. Penemu komputer

    4. Komponen komputer

    5. Sejarah perkembangan komputer

    6. Hardware komputer

    7. Perangkat lunak komputer

    8. Sistem operasi komputer

Bacaan Lanjut:
  1. When was the first computer invented?
  2. Timeline of computer history

Tidak ada komentar:

Posting Komentar