Antivirus Android Lookout Mobile Security

Berikut ulasan singkat mengenai aplikasi android Antivirus Mobile Lookout Mobile Security. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play. Sebagai pengguna smartphone Android kita sulit mengetahui secara pasti proses apa yang tengah berjalan di background. Dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, Android menjadi sasaran empuk aplikasi jahat. Apakah aktivitas jahat seperti mengirim data pribadi ke komputer peretas dapat kita cegah menggunakan antivirus? Jawabannya lebih kompleks dari bayangan kita.

Semua aplikasi yang kita install/pasang maupun aplikasi bawaan Android, dijalankan dan dilindungi secara individual dalam sebuah area. Area ini dinamakan sandboxes. Masalahnya adalah antivirus yang kita pasang pun dijalankan dalam sandboxes. Jadi sebuah aplikasi antivirus harus memiliki izin sangat besar agar ia dapat menelusuri informasi dan sistem smartphone Android. Mengingat akses sebuah aplikasi antivirus terhadap smartphone sangat besar, adalah penting bagi anda untuk mengunduh aplikasi antivirus dari sumber resmi yang dapat dipercaya seperti Google Play atau yang dahulu disebut Android Market.




Video: Aplikasi Android Lookout Mobile Security.

Walaupun masih menjadi kontroversi efektifitas penggunaannya ditambah dengan penggunaan baterai yang diperlukan untuk pemindaian sistem Android secara kontinyu, penggunaan antivirus sangatlah dianjurkan untuk menjaga keamanan. Dan seringkali aplikasi antivirus dibekali dengan fungsi-fungsi tambahan seperti kemampuan untuk mencari telepon pada jarak jauh dan kemudian mengirimkan pesan bahwa telepon tersebut telah dicuri.

Bagi anda yang melakukan 'rooting' perangkat Android harap berhati-hati. Proses 'rooting' sebuah perangkat Android mengekplorasi sistem dasar dari sistem operasi Linux. Rooting dapat mengizinkan pengendalian tingkat dasar dari keseluruhan sistem. Jadi sangat disarankan untuk memasang aplikasi antivirus di perangkat anda.

Lookout Mobile Security untuk Android

Sebelumnya saya sudah menulis artikel aplikasi aplikasi android iQuran dan game Android Guns n Glory. Kali ini akan saya ulas informasi mengenai antivirus. Selama menggunakan perangkat Android, saya telah mencoba beberapa aplikasi antivirus, salah satu favorit saya adalah Lookout Mobile Security. Antivirus Lookout Mobile Security bisa kita instal secara gratis. Lookout Mobile Security dipecah menjadi lima komponen: Security, Backup, Missing Device, Save Browsing dan Privacy Andvisor. Dua komponen terakhir hanya bisa digunakan jika anda mengupgrade ke Premium. Berikut penjelasan masing-masing bagian:

1. Bagian Security

Lookout akan secara otomatis memindai perangkat Android secara real time untuk memberikan perlindungan terhadap ancaman terbaru. Pemindaian otomatis ini dapat diatur secara harian atau mingguan.

2. Backup

Kita dapat membackup data buku telepon/kontak ke website lookout.com dan dapat merestore-nya kapan saja. Terdapat pilihan backup foto dan backup histori panggilan telepon, namun kita harus mengupgrade lookout versi gratis ke premium.

3. Missing Device

Missing Device memiliki 6 fungsi yaitu:
a. Scream untuk mencari perangkat kita dengan membunyikan alarm - walaupun perangkat kita atur silent.
b. Locate. Masuk ke Lokoout.com untuk mencari perangkat kita yang hilang melalui peta.
c. Signal Flare. Secara otomatis merekam lokasi perangkat anda sebelum kehabisan tenaga baterai.
d. Lock Cam. Mengambil foto siapapun yang 3 kali salah memasukan PIN, password atau pattern pada Android lock screen perangkat anda. Lookout akan mengirimkan email berisi foto dan lokasi perangkat anda.
e. Lock (Premium). Menjaga informasi pribadi dengan cara mengunci perangkat anda dari jauh. Tulis pesan perangkat hilang yang anda buat sendiri untuk membantu orang yang menemukannya mengambalikan pada anda.
f. Wipe (Premium). Hapus teks pesan anda, foto, buku telepon dan data lain dari telepon yang hilang.

4. Safe Browsing (Premium)

Fungsi Safe Browsing melindungi dari phising dan situs web jahat lainnya dengan memindai url yang anda kunjungi secara real time.

5. Privacy Advisor (Premium)

Privacy Advisor melindungi privasi anda dengan cara melihat semua aplikasi yang mengakses info pribadi pada perangkat telepon.

Aplikasi antivirus yang bekerja sepanjang waktu sepertinya akan memboroskan baterai, tapi Lookout mengklaim bahwa ia hanya mengkonsumsi energi selama satu hari setara dengan energi yang digunakan untuk 33 detik panggilan telepon.

Lookout Mobile Security memiliki tugas melindungi perangkat Android secara real time. Sangat efektif, efisien dan juga sangat berguna jika anda kehilangan perangkat telepon anda. Keamanan selalu menjadi bagian yang harus diperhatikan dalam Android, dimana Google Play dikritik tidak menyediakan cukup perlindungan pada pengguna dengan banyaknya aplikasi jahat yang diizinkan masuk Google Play. Dan hal ini terjadi bukan hanya pada Android saja, tapi seluruh smartphone seperti iPhone, Blackberry dan Windows Phone yang selalu diliputi dengan informasi data pribadi dan pembayaran, menjadikannya sasaran para pencuri. Jadi kesimpulannya, jika kita bisa memasang aplikasi antivirus gratis kenapa tidak mencobanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar